Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Metode Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang di SMP
DOI:
https://doi.org/10.63615/ekb.v6i1.9Keywords:
Bangun ruang, Kemampuan berpikir kritis, Project based learningAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir pesertadidik pada pembelajaran matematika, satu diantaranya pada materi bangun ruang menjadi latar belakang dilakukanya penelitian ini. Metode Project Based Learning yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kubu pada kelas VII B merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis apabila pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode project based learning pada materi bangun ruang di kelas VII B SMP Negeri 1 Kubu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Sebelum diberikan pembelajaran dengan metode project based learning rata-rata hasil tes awal diperoleh 41,07 dan termasuk dalam kategori sangat kurang dilihat dari tingkat kemampuan berpikir peserta didik. Setelah diberikan pembelajaran dengan metode project based learning rata-rata tes akhir diperoleh 69,99 dan hasil delayed test skor rata-rata 70,10. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran dengan metide project based learning pada materi kubus dan balok. Dari hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode project based learning diperoleh 77,88% responden memberikan respon pada kriteria positif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Supadmi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.