Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Metode Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang di SMP

Authors

  • Supadmi SMP Negeri 1 Kubu Author

DOI:

https://doi.org/10.63615/ekb.v6i1.9

Keywords:

Bangun ruang, Kemampuan berpikir kritis, Project based learning

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir pesertadidik pada pembelajaran matematika, satu diantaranya pada materi bangun ruang menjadi latar belakang dilakukanya penelitian ini. Metode Project Based Learning yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kubu pada kelas VII B merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis apabila pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode project based learning pada materi bangun ruang di kelas VII B SMP Negeri 1 Kubu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Sebelum diberikan pembelajaran dengan metode project based learning rata-rata hasil tes awal diperoleh 41,07 dan termasuk dalam kategori sangat kurang dilihat dari tingkat kemampuan berpikir peserta didik. Setelah diberikan pembelajaran dengan metode project based learning rata-rata tes akhir diperoleh 69,99 dan hasil  delayed test skor rata-rata 70,10. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran dengan metide project based learning  pada materi kubus dan balok. Dari hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode project based learning diperoleh 77,88% responden memberikan respon pada kriteria positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Metode Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang di SMP. (2024). Jurnal Pendidikan Edukasi Kusuma Bangsa, 6(1), 24-29. https://doi.org/10.63615/ekb.v6i1.9