Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem Based Learning Berbasis Padlet sebagai Media LKPD di SMP

Authors

  • Sulis Tiyowati SMP Negeri 1 Rasau Jaya Author

DOI:

https://doi.org/10.63615/ekb.v6i1.8

Keywords:

Hasil belajar, Model problem based learning, Padlet, LKPD

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi rendahnya nilai hasil belajar pada siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rasau Jaya. Berdasarkan nilai tersebut dilakukan inovasi pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis padlet sebagai lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rasau Jaya siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara daring dengan dua siklus. Analisis yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai evaluasi tiap siklus yang berpatokan pada ketuntasan klasikal 86,66%. Melalui hasil evaluasi diperoleh, yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 orang atau 60% dengan rata- rata kelas 73,33%., siklus II siswa yang tuntas adalah sebanyak 13 orang atau 86,66% dengan rata-rata kelas 85% yang sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran probem based learning berbasis padlet sebagai media LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem Based Learning Berbasis Padlet sebagai Media LKPD di SMP. (2024). Jurnal Pendidikan Edukasi Kusuma Bangsa, 6(1), 14-23. https://doi.org/10.63615/ekb.v6i1.8