Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem Based Learning Berbasis Padlet sebagai Media LKPD di SMP
DOI:
https://doi.org/10.63615/ekb.v6i1.8Keywords:
Hasil belajar, Model problem based learning, Padlet, LKPDAbstract
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya nilai hasil belajar pada siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rasau Jaya. Berdasarkan nilai tersebut dilakukan inovasi pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis padlet sebagai lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rasau Jaya siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara daring dengan dua siklus. Analisis yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai evaluasi tiap siklus yang berpatokan pada ketuntasan klasikal 86,66%. Melalui hasil evaluasi diperoleh, yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 orang atau 60% dengan rata- rata kelas 73,33%., siklus II siswa yang tuntas adalah sebanyak 13 orang atau 86,66% dengan rata-rata kelas 85% yang sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran probem based learning berbasis padlet sebagai media LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sulis Tiyowati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.