Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup di SD
DOI:
https://doi.org/10.63615/ekb.v5i2.4Keywords:
Ciri Khusus Makhluk Hidup, Hasil Belajar, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Berdasarkan hasil observasi, kegiatan belajar mengajar di kelas pada umumnya cenderung monoton. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreativitas dalam mengembangkan model pembelajaran yang terdapat pada buku cetak. Namun, kegiatan pembelajaran tidak didominasi oleh guru. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kelompok belajar siswa. Meskipun demikian, hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang merupakan fokus dalam tema pembelajaran masih tergolong rendah. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan pembelajaran berdiferensiasi kelas VI Sekolah Dasar Negeri 19 Kubu Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, observasi langsung dan tes.Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi yaitu siklus I 75,5%, siklus II 85,5%. Dengan demikian, model pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendrik Gunawan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.