ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWI KELAS VII DI SMP AS-SAKINAH PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.63615/ekb.v7i1.34Keywords:
Penguatan Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Siswi SMP kelas VIIAbstract
Karakter religius menjadi nilai yang pertama kali disebutkan dalam penguatan pendidikan karakter. Nilai ini mencerminkan ketergantungan seseorang yang selalu menyandarkan segala aspek kehidupannya kepada agama. Nilai tersebut dijadikan sebagai panutan dan penuntun dalam setiap tutur kata, sikap, dan perbuatannya, serta taat menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhannya. Karakter religius sangat dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral. Hal ini menunjukkan bahwa agama atau religiusitas memiliki peranan penting dalam membentuk karakter yang baik dan bermoral. Dalam pendekatan sosiologi, fenomena keagamaan tidak dapat dipisahkan dari struktur sosial dan budaya yang membentuk serta mendukung perilaku religius di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius pada aspek pengetahuan agama, pemahaman agama, dan penerapan agama di SMP As-Sakinah Pontianak. Sebagai sekolah Islam khusus perempuan, SMP As-Sakinah Pontianak berorientasi pada pembentukan karakter dan kepribadian muslimah. Terdapat dua bentuk penguatan pendidikan karakter religius yaitu PPK Mutaba’ah Yaumiyah dan PPK Mutaba’ah Tahfidzul Qur’an yang bersifat harian menciptakan pembiasaan positif setiap harinya terutama untuk mengontrol amal ibadah dan hafalan Al-Quran siswi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius pada aspek pengetahuan agama, pemahaman agama, dan penerapan agama telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius melalui PPK Mutaba’ah Yaumiyah dan PPK Mutaba’ah Tahfidzul Qur’an dapat membentuk siswi menjadi muslimah yang taat menjalankan ajaran agamanya dan berakhlak karimah yang tercermin dalam perilaku sehari-hari baik di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat.
Downloads
References
Annisa, A. N., Ismail, M. S., & Mabruri. (2024). Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Islami Dalam Buku Educating For Character). el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 102-115. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.611
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Handayani, E. (2021). Analisis Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Smk Negeri 2 Salatiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Trisala, 1(19), 15–15.
Hidayatulloh, T. (2024). Contemporary Islamic Philosophy. Cirebon: CV. Strata Persada Academia.
Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, IV(1), 77-102.
Khoirul Anam, W. (2019). Pembentukan Karakter Religius. Dimar, 1(1), 148-163.
Kusairi, Mustofa, B., & Alwy, S. (2019). Implementasi Pengembangan Kurikulum Pai Berbasis Pendidikan Karakter Di SMP Al Azhar Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 17-27. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.818
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakterpada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.
Lickona, T. (2015). Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maulidya, K. (2022). Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTS Al Maarif 01 Singosari. Malang: Unisma.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munjiat, S. (2018). Peran Agama Islam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 170-190.
Muntaqo, R., Ridlwan, Sukawi, Z., & Muntaqo, L. (2022). Nilai-Nilai Karakter Religius Dalam Surat Yusuf Ayat 23-24 (Perspektif Tafsir Al Misbah). Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 121-134.
Nata, A. (2020). Penguatan materi dan metodologi Pendidikan Agama Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 244-266.
Ramanda, P. & Khairat, I. (2017). Perbedaan Kematangan Sosial Siswa yang Berasal dari Sekolah Homogen dan Sekolah Heterogen. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(4), 148–156.
Saepuloh, U., Mulyana, Y., & Firdaus, M. A. (2023). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(1), 118-136. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4614
Sari, A., Shovy Ajeng, A., Istina, G., Farhan, M., & Ikmal, H. (2022). Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Sekolah Berbasis Pesantren di MA Ma'arif 7 Banjarwati. Jurnal Kajian Islam Al Kamal, 2(2), 451-467.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, U. (2019). Peranan Orang Tua terhadap Motivasi Anak tentang Pengamalan Agama. JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta, 10(2), 86-105.
Syafri, U. A., Bawazier, F. A., Tamam, A. M., & Mujahidin, E. (2022). Inovasi program penguatan pendidikan karakter religius berbasis profil pelajar Pancasila di SMP Al-Kahfi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 574–588. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8410
Syamsuddin, A. (2020). Konflik Sosial Dalam Perspektif Sosiologi Agama. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(1). https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i1.865
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eviana Eviana (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
 
						




