Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Menceritakan kembali Cerita Fantasi untuk meningkatkan Motivasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.63615/ekb.v5i2.3Keywords:
Cerita Fantasi, Motivasi, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Fokus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi materi Menceritakan Kembali Cerita Fantasi untuk meningkatkan motivasi murid Kelas 7A SMP Negeri 11 Sungai Kakap. Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan strategi dan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menceritakan kembali cerita fantasi, (2) agar murid dapat berpikir kritis, kreatif, cermat, percaya diri, inovatif dan dapat mencari solusi paling tepat dalam mengatasi masalah yang dihadapi, (3) mengetahui peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model berdiferensiasi dari aspek motivasi murid. Sumber data diperoleh dari tiga sumber yaitu tindakan, informasi, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi aktivitas, dan dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan diskriptif kritis – komparatif dengan membentuk nilai per siklus hingga mencapai indikator dengan 2 kali tindakan siklus. Siklus 1 pembelajaran tidak berhasil dengan indikator murid pasif selama pembelajaran, pembelajaran berpusat pada guru, dan alokasi waktu yang ditentukan kurang efektif. Simpulan penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan motivasi murid dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita fantasi pada siklus 2 sebesar 86% yang sebelumnya hanya 49% pada siklus 1.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haisyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.