Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Handphone terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI

Authors

  • Anita SD Negeri 39 Sungai Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.63615/ekb.v5i2.2

Keywords:

Handphone, Hasil Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 39 Sungai Raya dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Handphone Terhadap Hasil Belajar”. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis media Handphone terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Negeri 39 Sungai Raya?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis media handphone terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Negeri 39 Sungai Raya. Jenis penelitian eksperimen, menggunakan desain Pre-eksperimental yaitu jenis One-Group Prerest-Postest Design. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung yaitu dengan lembar observasi, dan teknik pengukuran yaitu tes. Berdasarkan hasil uji-t, didapat selisih antara pre-test dan post-test adalah -30.000 dan nilai sign (2-tailed) adalah 0,000<0,05, maka kesimpulan yang didapat H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis media handphone. Perhitungan N-Gain Score hasil Mean sebesar 0,5791 berarti nilai N-Gain berada pada rentang 0,3≤g≤0,7 dengan kategori tingkat efektivitas sedang. Disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis media handphone cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa setelah diberikan perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Handphone terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI. (2023). Jurnal Pendidikan Edukasi Kusuma Bangsa, 5(2), 7-13. https://doi.org/10.63615/ekb.v5i2.2